You are currently viewing TIPS MEMILIH KONSULTAN PAJAK

TIPS MEMILIH KONSULTAN PAJAK

Konsultan Pajak Batam – Pajak merupakan salah satu elemen penting dalam perekonomian. Oleh sebab itu, Wajib Pajak diwajibkan memenuhi kewajibannya membayar pajak dengan penuh tanggung jawab.

Untuk mempermudah proses pemenuhan kewajiban ini, Wajib Pajak dapat menyerahkan urusan perpajakannya kepada konsultan pajak. Tetapi, Wajib Pajak harus meneliti bagaimana kredibilitas dari konsultan pajak tersebut.

Kebanyakan orang masih belum memahami peran dari konsultan pajak. Banyak yang beranggapan bahwa konsultan pajak hanya membantu Wajib Pajak untuk mengerti dan memahami peraturan perpajakan.

Namun, sebenarnya tidak demikian. Tugas dan peran konsultan pajak tidak sesederhana itu. Dibandingkan dengan employer, konsultan pajak lebih tepat disebut partner.

Jika Anda sibuk dan tidak terlalu familiar dengan peraturan perpajakan, Anda dapat memberi kuasa kepada seorang konsultan pajak untuk menangani kewajiban perpajakan Anda.

Konsultan pajak tersebut akan menanganinya mulai dari menyiapkan, menghitung, bahkan hingga melaporkan pajak. Sangat direkomendasikan bagi perusahaan-perusahaan untuk menggunakan jasa konsutan pajak demi mencapai keefisienan dan keefektifan.

Anda harus memilih konsultan pajak yang memiliki izin praktek dari Dirjen Pajak. Konsultan pajak yang Anda pilih juga harus transparan dan jujur. Jadikan kejujuran menjadi patokan utama untuk memilih konsultan pajak. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan teman atau keluarga yang berada di situasi yang sama.

Manfaat Memakai Jasa Konsultan Pajak

Manfaatnya sangat banyak, diantaranya:

  1. Lebih efisien. Anda dapat menghemat tenaga dan waktu.
  2. Tingkat kesalahan sangat kecil. Resiko kesalahan dapat diminimalkan.
  3. Perusahaan tidak perlu memikul tanggung jawab berhubungan dengan administratif pajak.
  4. Lebih aman karena konsultan pajak memahami prosedur pemeriksaan sehingga dapat mengantisipasi kesalahan perhitungan yang berpotensi merugikan perusahaan tersebut.
  5. Apabila terjadi masalah, dapat langsung diatasi tanpa membuang waktu pimpinan perusahaan.
  6. Fokus perusahaan tidak bercabang. Perusahaan dapat berfokus pada proses perkembangan bisnis.
  7. Perusahaan dapat melakukan perencanaan pajak (Tax Planning)

Biaya menggunakan jasa konsultan pajak bergantung pada jenis pelayanan yang Anda dapatkan. Sebenarnya, mencari konsultan pajak yang tepat dan terpercaya tidaklah sulit. Anda dapat mencarinya dengan menggunakan berbagai sumber.

Baca juga : Konsultan Pajak Batam

Tips Memilih Konsultan Pajak

Untuk memilih konsultan pajak, Anda perlu mencari data dan informasi yang lengkap. Namun, Anda harus tetap waspada karena ada saja kemungkinan oknum yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi Anda sehingga mendatangkan kerugian secara material.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih konsultan pajak, diantaranya:

  1. Pilih konsultan pajak yang sudah terdaftar dan mendapat izin praktek dari DJP. Konsultan pajak juga memiliki Asosiasi yang terdaftar di Dirjen Pajak. Tim Ladfanid Konsultindo Batam terdaftar pada Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia (AKP2I).
  2. Pilih konsultan pajak yang berkerja tanpa melanggar Undang-Undang. Konsultan pajak yang baik akan memilih untuk melakukan penghindaran pajak (Tax Avoidance) secara legal, bukan pengelakkan pajak (Tax Evasion) yang ilegal.
    Apabila ada konsultan pajak yang menawarkan jasa pengelakkan, pengemplangan, dan penggelapan pajak, maka jangan menerima tawaran tersebut. Hal ini mempunyai resiko yang besar. Jika tindakan tersebut diketahui, maka akan ada resiko berupa sanksi yang harus ditanggung.
  3. Pilih konsultan pajak yang memiliki komitmen. Konsultan pajak yang mempunyai komitmen akan menjaga kerahasiaan atau privasi dari kliennya dengan baik. Dalam hal ini, hal utama yang diandalkan adalah kepercayaan. Diperlukan adanya kepercayaan antara Wajib Pajak dan konsultan pajak.Konsultan pajak yang baik tidak sekedar membuat laporan keuangan fiskal berdasarkan laporan keuangan komersial, namun juga menawarkan jasa perencanaan pajak (Tax Planning). Jadi, tidak hanya melakukan perhitungan pajak.
  4. Wajib Pajak perlu mencari tahu track record dari konsultan pajak yang akan dipilih. Konsultan pajak yang baik tidak akan pernah menyarankan kliennya melakukan tindakan ilegal, seperti penggelapan pajak yang jelas-jelas melanggar Undang-Undang Perpajakan.
  5. Wajib Pajak perlu melakukan penelusuran singkat. Saat ini sudah banyak konsultan pajak yang memiliki situs resmi atau website yang dapat Anda akses. Misalnya, situs resmi PT Ladfanid Konsultindo Batam.

Anda dapat mencari tahu jasa dan layanan apa saja yang konsultan pajak sediakan. Anda dapat memilih jasa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa tips memilih konsultan pajak yang tepat adalah:

  1. Pilih konsultan pajak yang memiliki sertifikasi dan izin praktek
  2. Pilih konsultan pajak yang taat Undang-Undang perpajakan
  3. Pilih konsultan pajak yang memiliki komitmen
  4. Pilih konsultan pajak yang memiliki akuntanbilitas
  5. Pilih konsultan pajak yang memiliki track record yang baik
  6. Telusuri informasi mengenai konsultan pajak dari situs resminya, misalnya seperti website kami yang beralamat di www.ladfanidkonsultindo.com

Apabila Anda memilih konsultan pajak yang tepat dan terpercaya, Anda dapat meminimalkan bahkan menghindari resiko dalam mengelola dan memenuhi kewajiban Anda dalam perpajakan. Hal yang terpenting adalah Anda juga dapat berfokus pada kegiatan bisnis Anda.

Konsultasikan keluhan keuangan bisnis anda pada kami, siap membantu apapun kendala keuangan anda. Kami menyediakan berbagai macam jasa keuangan diantaranya :

  1. Jasa Pembukuan dan Jasa Akuntansi / Jasa Akuntansi
  2. Jasa Penyusunan Laporan Keuangan 
  3. Jasa Audit
  4. Jasa Konsultasi Manajemen & Keuangan / Jasa Manajemen Keuangan
  5. Jasa Konsultasi Perpajakan / Pelayanan Pajak / Konsultan Pajak Batam
  6. Penjualan Software Accounting & Kasir (POS) Offline dan Online
  7. Jasa Pelatihan (Training Akuntansi dan Software Akuntansi / Kasir)

KANTOR JASA AKUNTANSI BATAM
KANTOR KONSULTAN PAJAK BATAM
KONSULTAN PAJAK BATAM
KANTOR AKUNTAN PUBLIK BATAM
KONSULTAN KEUANGAN BATAM
SOFTWARE AKUNTANSI BATAM
SOFTWARE ACCOUNTING BATAM
SOFTWARE KASIR BATAM
SOFTWARE POS BATAM
PT. LADFANID KONSULTINDO BATAM
JASA PEMBUKUAN BATAM
JASA PERPAJAKAN BATAM
JASA AKUNTANSI BATAM

Leave a Reply