You are currently viewing AKUNTANSI UNTUK UKM: PERLUNYA LAPORAN KEUANGAN

AKUNTANSI UNTUK UKM: PERLUNYA LAPORAN KEUANGAN

Desy tidak bisa tidur malam ini. Dia masih kebingungan dengan rencananya sendiri untuk mengembangkan salon yang dibukanya setahun lalu. Dia membutuhkan dua asisten lagi supaya antrian pelanggan tidak terlalu panjang.

Juga, dia harus membeli beberapa tambahan peralatan salon. Masalahnya, ibu muda dua anak ini belum terlalu yakin dengan segala kondisi keuangan yang dihasilkan salonnya. Bagaimana kalau nanti keluarganya tiba-tiba membutuhkan lebih banyak uang?

Masalah yang dihadapi Desy mungkin menimpa sebagian dari Anda yang sedang sibuk mengembangkan usaha kecil menengah atau bisnis rumahan, yakni bisnis yang dikembangkan di rumah dengan skala produksi yang tidak terlalu besar. Dengan kemampuan manajemen yang dipelajari sambil jalan, Anda harus memutuskan begitu banyak hal yang sangat penting sebagaimana yang terjadi pada Desy. Namun, tahukah Anda bahwa masalah-masalah itu bisa dipecahkan jika kita menerapkan pembukuan yang benar pada bisnis tersebut?

Akuntansi, ilmu yang memudahkan pekerjaan tersebut sudah dikenal manusia sejak abad XIV. Dengan ilmu inilah nenek moyang kita mengembangkan berbagai usahanya.
Bagaimana bisa?

Akuntansi diikenal sebagai ilmu yang membantu kita mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi sehingga memungkinkan pihak-pihak yang berkepentingan mengambil keputusan dengan lebih tegas dan mantap setelah memahami proses tersebut.

Dalam kasus Desy tadi, jika ia menerapkan sistem akuntansi yang dimaksud di atas maka ia akan segera mempunyai banyak data dari laporan keuangan salon yang dikelolanya. Misalnya, berapa keuntungan yang diperolehnya, berapa tambahan modal yag dicapai dan juga bagaimana keseimbangan hak dan kewajiban yang dimiliki. Dengan begitu setiap keputusan yang akan diambil Desy didasarkan pada kondisi konkret keuangan yang terlaporkan secara komplit karena memang itulah tujuan akuntansi. Bukan hanya berdasarkan kesan bahwa salaonnya mulai ramai, atau hanya karena dorongan para tetangga yang mungkin tidak bisa dipertanggungjwabkan.

Jangan Anda merasa bingung dulu jika berhadapan dengan ilmu satu ini! Sekilas akuntansi memang tampak rumit, namun sebetulnya di dalamnya berisi peraturan dasar yang sudah dibakukan. Jika kita mengikuti langkah-langkah yang ada di dalamnya, maka kita akan mendapatkan berbagai hasil laporan yang akan berguna untuk mengenali keuangan bisnis kita sendiri.

Dengan demikian kegunaan akuntansi dapat kita petik karena ia berfungsi:

Mencatat

Fungsi ini sangat penting mengingat begitu banyaknya transaksi yang harus kita lakukan sepanjang kita menjalankan bisnis kita. Dengan berbagai catatan inilah kita akan meneruskan berbagai langkah akuntansi untuk mendapatkan berbagai hasil yang kita inginkan.

  • Mengidentifikasi

Yakni dengan cara memilah-milah berbagai dokumen pencatatan yang dikumpulkan. Secara gampang bisa dikatakan dulu mana catatan uang keluar dan mana catatan uang masuk. Dalam akuntansi kita mengenal beberapa istilah dasar yang nanti dibahas kemudian. Ingat, istilah ini bukan untuk merepotkan kerja Anda. Tapi sebaliknya ia berguna untuk membantu Anda. Istilah tersebut misalnya: harta, modal dan utang. Juga ada beberapa istilah lain yang lebih khusus untuk beberapa hal.

  • Mengukur

Hasil-hasil kegiatan akuntansi akan menghasilkan berbagai ukuran yang tampak dalam angka-angka hasil pengolahannya. Dengan ukuran inilah nanti kita lihat seberapa besar keberhasilan sebuah bisnis.

  • Melaporkan

Hasil akhir kegiatan akunansi seperti sudah disebutkan sebelumnya adalah berbagai laporan, misalnya laporan pengembangan modal, laporan rugi dan laba.

  • Membantu Mengambil Keputusan

Fungsi ini menjelakan mengapa kegiatan akuntansi perlu dilakukan di setiap bisnis. Seperti kasus Desy tadi, kegiatan akuntansi yang dilakukan memberikan banyak data dan masukan sehingga pengambilan keputusan bisa lebih tepat dan konkret diambil.
Disarikan dari buku: Akuntansi untuk UKM, Penulis: Anak Suryo, Hal: 7-10.
Konsultasikan keluhan keuangan bisnis anda pada kami, siap membantu apapun kendala keuangan anda. Kami menyediakan berbagai macam jasa keuangan diantaranya :

  1. Jasa Pembukuan dan Jasa Akuntansi /Accounting Services
  2. Jasa Penyusunan Laporan Keuangan 
  3. Jasa Audit/ Atestasi/ AUP (Rekanan Kantor Akuntan Publik Terdaftar)
  4. Jasa Konsultasi Manajemen & Keuangan/ Financial Management Services
  5. Jasa Konsultasi Perpajakan/ Tax Services
  6. Penjualan Software Accounting & Kasir (POS) Offline dan Online
  7. Jasa Pelatihan (Training Akuntansi dan Software Akuntansi/ Kasir)

Leave a Reply